Minggu, 13 Juni 2010
Leadership dan Komunikasi
Pertemuan 4
Leadership dan Komunikasi
4 dasar kecerdasan emosi dan kompetensi diri yang baik:
Kompetensi diri adalah kemampuan-kemampuan ini menentukan bagaimana kita mengelola diri kita sendiri.
Kesadaran diri
o Kesadaran diri emosi yaitu membaca emosi diri sendiri dan mengenali dampaknya. Menggunakan instink untuk menuntun keputusan.
o Penilaian diri yang akurat yaitu mengetahui kekuatan dan keterbatasan diri.
o Kepercayaan diri yaitu kepekaan yang sehat mengenai harga diri dan keterbatasan diri.
Pengelolan diri
o Kendali diri emosi yaitu mengendaliakn emosi dan dorongan yang meledak-ledak.
o Transparansi yaitu menunjukan kejujuran dan integritas , kelayakan untuk dipercya.
o Kemampuan menyesuaikan diri yaitu kelenturan dalam beradaptasi dengan perubahan situasi atau dalam mengatasi perubahan.
o Pencapaian yaitu dorongan untuk memperbaiki kinerja untuk memenuhi standar prestasi yang ditentukan oleh diri kita sendiri.
o Inisiatf yaitu kesiapan untuk bertindak dan menggunakan kesempatan.
o Optimism yaitu melihat sisi positif suatu permasalahan.
Kompetensi sosial adalah kemampuan ini menetukan bagaimana kita mengelola hubungan.
Kesadaran sosial
o Empati yaitu merasakan emosi orang lain
o Kesadaran organisasional yaitu mambaca apa yang terjadi (keputusan jaringan kerja dan polotik di bidang organisasi)
o Pelayanan yaitu mengenali dan memnuhi kebutuhan klient, pengikut, atau pelanggan.
Pengelolaan relasi
o Kepemimpinan yang menginspirasi yaitu membimbing dan memotivasi dengan semangat.
o Pengaruh yaitu menguasai berbagai taktik membujuk
o Mengembangkan orang lain yaitu menunjamg kemampuan orang lain dengan umpan balik dan bimbingan.
o Katalis perubahan yaitu memprakasai, mengelola, dan memimpin di arah yang baru.
o Pengelolaan konflik yaitu menyelesaikan pertengkaran.
o Membangun ikatan yaitu menumbuhkan dan memelihara jaringan relasi.
o Kerja kelompok dan kolaborasi yaitu kerjasama dan pembangunan kelompok.
Gaya kepemimpinan (membangun resonansi)
• Visioner yaitu
o Bagaimana gaya ini membangun resonansi (menggerakan orang-orang ke arah impian bersama).
o Dampak terhadap iklim emosi yang positif
o Kapan penggunaan yang tepat yaitu ketika perubahan membutuhkan visi baru atau ketika dibutuhkan dengan jelas.
• Pembimbing
o Bagaimana gaya ini membangun resonansi (menghubungkan apa yang diinginkan seseorang dengan organisasinya)
o Dampak terhadap iklim emosi yang positif
o Kapan penggunaan yang tepat yaitu ketika membantu karyawan memperbaiki kinerja dengan membangun kemampuan jangka panjang.
Neurologi otak
• Fungsi otak
o Otak kanan (emosi)
Pemikiran holistik
Intuisi
Kreatifitas
Seni dan music
o Otak kiri ( Intelligent)
Pemikiran analistik
Logika
Bahasa
Sains dan matematika.
posting by: Jessica Pricilia
dosen: Parino
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Minggu, 13 Juni 2010
Leadership dan Komunikasi
Pertemuan 4
Leadership dan Komunikasi
4 dasar kecerdasan emosi dan kompetensi diri yang baik:
Kompetensi diri adalah kemampuan-kemampuan ini menentukan bagaimana kita mengelola diri kita sendiri.
Kesadaran diri
o Kesadaran diri emosi yaitu membaca emosi diri sendiri dan mengenali dampaknya. Menggunakan instink untuk menuntun keputusan.
o Penilaian diri yang akurat yaitu mengetahui kekuatan dan keterbatasan diri.
o Kepercayaan diri yaitu kepekaan yang sehat mengenai harga diri dan keterbatasan diri.
Pengelolan diri
o Kendali diri emosi yaitu mengendaliakn emosi dan dorongan yang meledak-ledak.
o Transparansi yaitu menunjukan kejujuran dan integritas , kelayakan untuk dipercya.
o Kemampuan menyesuaikan diri yaitu kelenturan dalam beradaptasi dengan perubahan situasi atau dalam mengatasi perubahan.
o Pencapaian yaitu dorongan untuk memperbaiki kinerja untuk memenuhi standar prestasi yang ditentukan oleh diri kita sendiri.
o Inisiatf yaitu kesiapan untuk bertindak dan menggunakan kesempatan.
o Optimism yaitu melihat sisi positif suatu permasalahan.
Kompetensi sosial adalah kemampuan ini menetukan bagaimana kita mengelola hubungan.
Kesadaran sosial
o Empati yaitu merasakan emosi orang lain
o Kesadaran organisasional yaitu mambaca apa yang terjadi (keputusan jaringan kerja dan polotik di bidang organisasi)
o Pelayanan yaitu mengenali dan memnuhi kebutuhan klient, pengikut, atau pelanggan.
Pengelolaan relasi
o Kepemimpinan yang menginspirasi yaitu membimbing dan memotivasi dengan semangat.
o Pengaruh yaitu menguasai berbagai taktik membujuk
o Mengembangkan orang lain yaitu menunjamg kemampuan orang lain dengan umpan balik dan bimbingan.
o Katalis perubahan yaitu memprakasai, mengelola, dan memimpin di arah yang baru.
o Pengelolaan konflik yaitu menyelesaikan pertengkaran.
o Membangun ikatan yaitu menumbuhkan dan memelihara jaringan relasi.
o Kerja kelompok dan kolaborasi yaitu kerjasama dan pembangunan kelompok.
Gaya kepemimpinan (membangun resonansi)
• Visioner yaitu
o Bagaimana gaya ini membangun resonansi (menggerakan orang-orang ke arah impian bersama).
o Dampak terhadap iklim emosi yang positif
o Kapan penggunaan yang tepat yaitu ketika perubahan membutuhkan visi baru atau ketika dibutuhkan dengan jelas.
• Pembimbing
o Bagaimana gaya ini membangun resonansi (menghubungkan apa yang diinginkan seseorang dengan organisasinya)
o Dampak terhadap iklim emosi yang positif
o Kapan penggunaan yang tepat yaitu ketika membantu karyawan memperbaiki kinerja dengan membangun kemampuan jangka panjang.
Neurologi otak
• Fungsi otak
o Otak kanan (emosi)
Pemikiran holistik
Intuisi
Kreatifitas
Seni dan music
o Otak kiri ( Intelligent)
Pemikiran analistik
Logika
Bahasa
Sains dan matematika.
posting by: Jessica Pricilia
dosen: Parino
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar on "Leadership dan Komunikasi"
Posting Komentar